AUTHOR GUIDELINES

JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

POLIBISNIS

 

 

 

A.  Pendahuluan

Polibisnis adalah jurnal yang mengkaji dan mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (April dan Oktober). Polibisnis berisi artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran yang belum diterbitkan dalam jurnal atau majalah ilmiah lainnya. Polibisnis juga dapat mempublikasikan editorial.

a)        Artikel hasil penelitian: berisi artikel mengenai hasil penelitian orisinal dalam bidang ekonomi dan manajemen, selanjutnya disebut artikel penelitian.

b)        Artikel hasil pemikiran: merupakan hasil pemikiran, atau hasil tinjauan pustaka, atau artikel review dari jurnal dan atau buku mengenai bidang ekonomi dan bisnis, selanjutnya disebut artikel ilmiah.

c)        Editorial: berisi artikel yang membahas berbagai masalah aktual mengenai bidang ekonomi dan bisnis.

 

B.  Format Penulisan

a)        Artikel Penelitian

  • Judul, Abstrak dan kata kunci, Pendahuluan: berisi latar belakang masalah, tujuan penelitian, harapan tentang aplikasi hasil penelitian dan landasan teoritis.
  • Metode Penelitian: berisi metode yang digunakan, tempat dan waktu, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data.
  • Hasil dan Pembahasan: hasil dapat disajikan dalam bentuk tekstular, tabular atau grafikal. Berikan kalimat pengantar untuk menjelaskan tabel atau gambar tetapi tidak mengulang apa yang telah ditampilkan dalam tabel/gambar. Pembahasan berisi penjelasan hasil-hasil penelitian yang ditemukan dan argumentasi yang mendukung.
  • Simpulan dan Saran: simpulan berisi pernyataan singkat, padat dan relevan dengan hasil penelitian, Saran: dapat dicantumkan apabila memang diperlukan berkaitan dengan hasil penelitian dan dipandang berguna bagi perbaikan atau pengembangan lebih lanjut.
  • Ucapan Terima Kasih: dapat dicantumkan apabila memang diperlukan, khususnya pada para profesional yang membantu pelaksanaan penelitian, penyusunan makalah, termasuk pemberian dukungan teknis, dana dan dukungan umum dari institusi.

b)        Artikel Ilmiah/Editorial

  • Judul, Abstrak dan Kata Kunci, Pendahuluan: berisi latar belakang masalah, tujuan, rencana pengembangan dan harapan tentang aplikasinya.
  • Tinjauan Pustaka: berisi tentang teori atau kerangka konsep yang dijadikan landasan berpikir.
  • Pembahasan: berisi pemaparan dan argumentasi tentang materi yang dibahas. Dapat dicantumkan tabel/gambar yang diperlukan. Kalimat penjelas tabel/gambar tidak mengulang apa yang telah disajikan dalam tabel/gambar. Apabila dianggap saling menjelaskan, tinjauan pustaka dan pembahasan dapat digabung dengan judul pembahasan
  • Simpulan dan Saran: simpulan berisi pernyataan singkat, padat dan relevan dengan hasil pembahasan materi artikel, Saran: dapat dicantumkan apabila memang diperlukan berkaitan dengan hasil pembahasan dan dipandang berguna bagi perbaikan atau pengembangan lebih lanjut.

C.   Persyaratan Penulisan Artikel

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, abstrak ditulis dalam bahasa Inggris (untuk artikel bahasa Indonesia) atau dalam bahasa Indonesia untuk artikel bahasa Inggris. Panjang tulisan hasil penelitian antara 7 – 15 halaman sedangkan tulisan ilmiah 10 – 20 halaman. Isi artikel termasuk tabel/ gambar harus diketik satu spasi pada kertas A4, menggunakan huruf Times New Roman (12pt). Margin kiri 3,5 cm sedangkan margin kanan, atas dan bawah 2,5 cm

 

Judul

  • Dibuat maksimal 14 kata. Dibuat singkat, jelas dan informatif diawali dengan kata benda (Times Roman bold 14pt).
  • Nama penulis (bold dan italic) tidak disertai gelar akademik. Untuk artikel hasil pemikiran dan editorial dianjurkan jumlah penulis dibatasi 2 orang.
  • Keterangan tentang penulis (nama dan alamat lembaga, dan alamat surat elektronik) dicantumkan dibawah nama penulis.

 

Abstrak dan Kata Kunci

  • Abstrak ditulis dalam satu paragraf tidak lebih dari 200 kata (italic 12pt, justify). Abstrak untuk artikel penelitian menguraikan tentang tujuan, metode penelitian, hasil utama dan simpulan yang ditulis dalam satu spasi. Kata kunci (Keywords) termasuk bagian dari abstrak dan dicantumkan satu spasi dibawah abstrak. Tetapkan 3-5 kata (italic 10pt).  

 

Penulisan Rujukan

Rujukan yang dijadikan landasan teoritis atau tinjauan pustaka ditulis dengan urutan nama belakang pengarang, tahun terbit, halaman.

  • Satu referensi: (Craven, 2009:135)
  • Dua referensi atau lebih: (Brigham and Houston, 2006:120; Gapenski, 2010:95)
  • Nama pengarang telah disebutkan dalam naskah:

Menurut Brigham and Daves (2010:399) “..... ”

  • Nama pengarang disebutkan diakhir kutipan: ............( Brigham and Daves, 2010:399)
  • Referensi Institusi: (Bank Indonesia, 2012)

 

Penulisan Ilustrasi

Ilustrasi bersifat alat bantu, dibuat untuk menjelaskan sesuatu. Ilustrasi dapat berupa tabel dan gambar. Tabel dan gambar diberi judul dan nomor urut. Disusun menurut urutan penyajiannya dan pembahasan dalam teks.

  • Tabel dibuat dan disiapkan dalam halaman terpisah dari teks dan diberi nomor urut mengikuti angka arab. Times New Roman 12pt, jarak 1 spasi. Judul tabel diletakkan dikiri atas. Disediakan tiga garis horisontal, yaitu dua pada bagian atas (judul kolom) dan satu pada penutup. Garis vertikal tidak ditampilkan
  • Gambar dibuat dan disiapkan dalam halaman terpisah dari teks dan diberi nomor urut mengikuti angka arab. Times New Roman 12pt, jarak 1 spasi. Judul gambar diletakkan dibawah.

 

Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditulis menurut abjad berdasarkan nama belakang dari nama penulis pertama (jika lebih dari satu penulis). Acuan yang tidak diketahui pengarangnya ditulis dengan sebutan Anonimus. Hanya memuat referensi yang diacu dalam naskah.

  • Buku: nama pengarang, tahun terbit, judul buku, jilid/edisi (bila ada) kota terbit, nama penerbit.

Contoh satu pengarang:

Gunawan, A. 2009. Membuat Program CSR Berbasis Pemberdayan Partisipatif. Yokyakarta. Andi Offset

Contoh dua pengarang:

Bigham dan Houston, 2006,  Fundamental of Financial Management, 10th edition, 5shenton way, Singapore :Cengage Learning Asia, pte. Ltd

  • Jurnal

Yetton, P. W., Kim D., and Jane F. C., Summer 1994. Computer-Aided Architects: A Case Study of IT and Strategic Change. Sloan Management Review: 57-67.

  • Buku yang terdiri dari beberapa artikel, ditulis seperti berikut.

Winch, C. 2006. Graduate Attributes and Changing Conceptions of Learning dalam Hager, P. & Holland, S., Graduate Attributes, Learning and Employability, hal  67-90. Dordrecht: Springer.

  • Internet: pengarang, tahun, judul artikel, alamat situs, dan tanggal mengunduh.

Lamy, M.N., & Mortensen, H.J. 2009. Using Concordance Programs in the Modern Foreign Languages Classroom, dari http://www.ict4lt.org/-en/en mod2-4.htm. diunduh 22 Agustus 2009.